Tempat Wisata di Sumbar Semakin Dikenal Via Tour de Singkarak

Posted on

Sepanjang Tour de Singkarak berlangsung, banyak tempat wisata di Sumatera Barat yang dilewatkan peserta. Tempat tersebut juga kini makin terkenal dikalangan masyarakat. Jelang gelaran tahun ini, Tour de Singkarak (TdS) sudah digelar 7 kali. Rute yang ditempuh Rombongan dalam wisata olahraga yang telah saya sebutkan itu, selama ini tidak jarang yang melewati berbagai tempat wisata di Sumatera Barat.

Dengan cara perlahan sejumlah tempat wisata itu juga mulai lebih terkenal . Informasi ini pun dikatakan oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, dalam rilis pada detikTravel, Sabtu (6/8/2016). “Usai tujuh kali digelar TdS, rupanya sudah bermunculan tempat wisata terbaru yang makin dikenal wisatawan lebih luas lagi. Tak lagi Danau Singkarak saja.”

Banyak sekali di antaranya yaitu Pantai Carocok, Pantai Gandoriah, Pantai Padang ,istana paguruyuang, Kelok 9, dan masih tetap ada lagi yang lainnya. Di samping itu juga terdapat Masjid Raya Sumbar, Tugu Perdamaian juga Tugu IORA yang telah digunakan untuk tempat berfoto untuk para pengunjung. “Tempat wisata ini makin dikenal wisatawan karena Start dan Finish seluruh etape berada di tempat wisata.”

Tidak hanya itu, dengan maraknya media lokal sampai internasional yang meliput, membuat tempat wisata tersebut lebih terkenal dalam penyajian yang tidak sama, yaitu acara balap sepeda. Acara TdS juga ikut membantu menambah pendapatan masyarakat lokal. Mereka bisa membikin suvenir TdS juga kuliner hingga memberikan penginapan. Selama TdS sedang berlangsung, hotel dan berbagai tempat menginap lain biasanya selalu full. Pertambahan jumlah kamar hotel dan Villa di Sumbar pun memperlihatkan peningkatan.

“Tahun 2010 totalnya 263 unit, lalu meningkat jadi 388 unit pada 2015. Dan dari jumlah kamar, terdapat tambahan hampir 3.000 kamar baru,” Jalan yang ada di Sumbar, melebihi dari 1.000 km turut disempurnakan setiap tahunnya untuk jalur sepeda. Arus orang, barang-barang dan jasa pun lancar, dan turis nyaman selama melintasi berbagai jalanan di Sumbar.

Saya memberitahukan bahwa komitmen serta konsistensi penyelenggaraan TdS di salah satu sisi menunjukkan adanya iklim yang kondusif untuk wisata dan juga investasi. Sebab dari situ bisa dilihat tersedianya keamanan yang baik maka tidak heran bila pembangunan dan investasi dapat berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.